Bappeda Kaltim Lakukan Pencegahan Covid 19


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Samarinda, 16/7/2020. Bappeda Provinsi Kalimantan Timur melalui petugas melakukan cek rutin suhu tubuh dalam rangka menghindari virus corono 19 kepada setiap orang yang masuk di kantor Bappeda wajid untuk untuk mengukur suhu tubuh dan memakai marker serta cuci tangan dengan memakai sabun atau menggunakan hand sanitizer. Bila petugas mendapatkan suhu tubuh tinggi tertentu maka tidak diperkenankan masuk kantor Bappeda Kaltim.

          Sebenarnya suhu badan berapa ? hal ini tentu menjadi pertanyan banyak orang, namun begitu suhu badan normal pada seseorang bervariasi tergantung ada beberapa faktor yaitu usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas. Pemeriksaan suhu badan juga dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh, yaitu ketiak, mulut dan anus.

berikut ini daftar suhu badan normal manusia berdasarkan usianya, seperti dikutip medical news today :

1. Suhu tubuh normal pada orang dewasa

Suhu tubuh dewasa normal dari 97.6-99.6°f atau 36.5 - 37.5 ° c. Dan berikut ini suhu badan orang dewasa apabila demam :

100.4 ° f (38 ° c) kategori demam
103.1 ° f (39.5°c) kategori demam tinggi
105.8 ° f (41 ° c) kategori demam yang sangat tinggi.

2. Suhu tubuh normal pada anak

Suhu tubuh normal untuk anak usia 3 - 10 berkisar dari 95.9 - 99.5 ° f atau 35.5 - 37.5 ° c. Anak-anak cenderung memiliki suhu tubuh yang sama dengan orang dewasa.

3. Suhu tubuh normal pada bayi

Terkadang, bayi dan anak kecil memiliki rentang suhu tubuh yang lebih tinggi daripada orang dewasa ketika pengukuran dilakukan melalui ketiak dan telinga. Suhu tubuh normal untuk bayi berusia 0 - 2 tahun berkisar dari 36.6 - 37 ° c, apabila diambil dengan termometer rektal. Suhu tubuh mungkin naik sedikit ketika bayi sedang tumbuh gigi. Sedangkan suhu tubuh rata-rata bayi yang baru lahir adalah 99.5 ° f atau 37.5 ° c. Suhu bayi lebih tinggi dari orang dewasa karena mereka memiliki area permukaan tubuh yang lebih luas dibandingkan dengan berat badan mereka. Tubuh mereka juga aktif secara metabolik, sehingga menghasilkan panas.

        Mereka juga tidak terlalu banyak berkeringat ketika hangat, yang berarti bahwa tubuh mereka mempertahankan panas. Karena itu juga bayi jadi lebih sulit turun panasnya saat demam. Nah, bagaimana kamu sudah bisa tahu kan berapa suhu tubuh yang normal? Yang perlu kamu ingat suhu tubuh normal pada orang dewasa dan anak ini bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kesehatan. Alat pengukuran suhu tubuh juga bisa memberikan hasil yang berbeda tergantung dari jenis alat pengukuran dan bagian tubuh mana yang diambil suhunya. Jika kamu memiliki suhu yang luar biasa tinggi atau rendah, segera berobat ke rumah sakit atau dokter agar dapat mendapatkan pertolongan penyembuhan. (*sebagian merupakan kutipan artikel dari media massa elektronik/skr).