Forum Air Minum Berdaulat Mahakam Ulu


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Samarinda, (10/11/2020). Dalam rangka pemenuhan layanan sektor air minum di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Bappeda Provinsi Kalimantan Timur melanjutkan koordinasi Forum Air Minum Berdaulat (FAMB) untuk Kabupaten Mahakam Ulu. Forum ini dilaksanakan secara virtual melalui video conference  dan dihadiri oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Dinas PUPRPERA Provinsi Kalimantan Timur, Bappelitbang Kabupaten Mahakam Ulu, Dinas PUPR, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mahakam Ulu dan Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Provinsi Kalimantan Timur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara umum forum ini mengindentifikasi beberapa permasalahan utama di Mahakam Ulu, seperti Jauhnya jarak antara sumber air baku ke layanan masyarakat sehingga membutuhkan energi listrik yang cukup besar dan berpengaruh pada tingginya biaya, jika dilihat dari sisi system jaringan masih terdapat SPAM yang dibangun tetapi belum beroperasi secara maksimal karena masih terkendala infrastruktur yang kurang lengkap.

Kasubbid Infrastruktur Keciptakaryaan   dan Pemukiman Bappeda Provinsi Kaltim Alfino Rinaldi Arief menerangkan Kabupaten Mahakam Ulu telah melakukan beberapa upaya dalam peningkatan layanan air minum salah satunya optimalisasi tiga SPAM yaitu SPAM Ujoh Bilang, SPAM Mamahak Besar, dan SPAM Datah Bilang. Selain itu Kabupaten Mahakam Ulu juga telah melaksanakan Penyiapan Infrastruktur Permukiman (PIP) tahun 2017-2018 yang melayani 10 kampung di Kecamatan Long Apari (air mudah, sehingga dibutuhkan optimalisasi untuk menuju air bersih).

Direncanakan beberapa usulan program/kegiatan sektor air minum untuk beberapa tahun kedepan diantaranya Pembentukan Kelembagaan UPTD Pengelola Air Minum Mahakam Ulu (Kelas A). Saat ini, telah disusun naskah akademik dan draft Peraturan Bupati oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur; Pembangunan WTP Ujoh Bilang; Pengadaan dan pemasangan jaringan distribusi menuju Long Melaham dan Long Bangun; serta Operasionalisasi SPAM Long Pahangai dan SPAM Lutan.

(HumasBappedaKaltim/Fat/Editor: Sukandar, S.Sos)